Hemat Kuota Internet dan Hindari Perubahan Tidak Diinginkan: Panduan Menghentikan Update Otomatis Play Store

dua cara untuk menghentikan update otomatis Play Store pada smartphone Android dan komputer. Cara pertama dengan mengubah pengaturan di aplikasi..
Editor Online
cara menghentikan update otomatis play store

Gogodev Info - Play Store adalah toko aplikasi resmi untuk perangkat Android yang memungkinkan pengguna untuk mengunduh dan menginstal aplikasi. Play Store secara otomatis mengunduh dan memperbarui aplikasi secara teratur untuk memastikan bahwa pengguna selalu memiliki versi terbaru aplikasi yang tersedia. Namun, beberapa pengguna mungkin merasa terganggu dengan update otomatis ini.

Masalah update otomatis Play Store

Update otomatis Play Store dapat menjadi masalah bagi beberapa pengguna karena dapat memakan banyak kuota internet dan memperlambat kinerja perangkat. Selain itu, pengguna mungkin tidak ingin melakukan update ke versi terbaru karena mungkin ada perubahan yang tidak diinginkan atau mereka tidak suka dengan antarmuka baru.

Tujuan artikel ini adalah untuk memberikan panduan tentang cara menghentikan update otomatis Play Store pada perangkat Android dan komputer, serta membahas keuntungan dan kerugian dari menghentikan update otomatis ini. Artikel ini juga akan memberikan rekomendasi tentang mengaktifkan update manual atau memilih update aplikasi saja yang perlu, serta pentingnya menjaga keamanan perangkat dan aplikasi.

 

Menghentikan update otomatis Play Store pada smartphone Android:

Cara Pertama: Mengubah pengaturan di aplikasi Play Store

  1. Buka aplikasi Play Store di perangkat Android Anda.
  2. Ketuk ikon tiga garis di pojok kiri atas layar untuk membuka menu.
  3. Gulir ke bawah dan ketuk "Pengaturan".
  4. Gulir ke bawah dan cari opsi "Update aplikasi secara otomatis".
  5. Pilih "Tidak ada".

Cara Kedua: Mengubah pengaturan di pengaturan sistem

  1. Buka aplikasi Pengaturan di perangkat Android Anda.
  2. Gulir ke bawah dan cari opsi "Aplikasi".
  3. Cari dan ketuk "Google Play Store".
  4. Ketuk "Penyimpanan & cache".
  5. Ketuk "Hapus data".
  6. Buka kembali aplikasi Play Store.
  7. Ketuk ikon tiga garis di pojok kiri atas layar untuk membuka menu.
  8. Gulir ke bawah dan ketuk "Pengaturan".
  9. Gulir ke bawah dan cari opsi "Update aplikasi secara otomatis".
  10. Pilih "Tidak ada".

Dengan mengikuti salah satu dari dua cara di atas, pengguna dapat menghentikan update otomatis Play Store pada perangkat Android mereka. Penting untuk dicatat bahwa cara kedua mungkin menghapus data di aplikasi Play Store, jadi pastikan untuk mem-backup data penting sebelum mengikuti langkah-langkah di atas.

 

Menghentikan update otomatis Play Store pada komputer:

Cara Pertama: Mengubah pengaturan di aplikasi Play Store di browser

  1. Buka browser di komputer Anda.
  2. Kunjungi situs web Play Store di browser, dan pastikan Anda sudah login ke akun Google Anda.
  3. Klik ikon gambar profil Anda di pojok kanan atas layar dan pilih "Pengaturan".
  4. Gulir ke bawah dan cari opsi "Update aplikasi secara otomatis".
  5. Pilih "Tidak ada".

Cara Kedua: Mengubah pengaturan di aplikasi Play Store di aplikasi desktop

  1. Buka aplikasi desktop Play Store di komputer Anda.
  2. Klik ikon roda gigi di pojok kanan atas layar untuk membuka menu pengaturan.
  3. Gulir ke bawah dan cari opsi "Update aplikasi secara otomatis".
  4. Pilih "Tidak ada".

Dengan mengikuti salah satu dari dua cara di atas, pengguna dapat menghentikan update otomatis Play Store pada komputer mereka. Perlu diingat bahwa pengaturan ini hanya berlaku untuk akun Google yang digunakan di komputer tersebut. Jika pengguna ingin mengubah pengaturan update otomatis di perangkat lain, maka harus mengikuti langkah-langkah yang sama di perangkat tersebut.

 

Keuntungan dan kerugian dari menghentikan update otomatis Play Store:

Keuntungan

  1. Menghemat kuota internet: Dengan menghentikan update otomatis Play Store, pengguna dapat menghemat kuota internet mereka, karena aplikasi tidak akan mengunduh pembaruan otomatis yang bisa memakan banyak kuota data.
  2. Menghindari perubahan yang tidak diinginkan: Ada kemungkinan bahwa pembaruan aplikasi dapat menyebabkan perubahan yang tidak diinginkan pada aplikasi, seperti bug atau masalah kinerja. Dengan menghentikan update otomatis, pengguna dapat menghindari risiko ini.

Kerugian

  1. Tidak mendapat update terbaru: Jika pengguna tidak mengizinkan update otomatis, mereka mungkin tidak akan mendapatkan fitur baru dan perbaikan bug terbaru dari aplikasi Play Store. Ini mungkin berdampak pada kinerja dan fungsionalitas aplikasi secara keseluruhan.
  2. Potensi kelemahan keamanan: Jika pengguna tidak mengizinkan update otomatis, mereka mungkin tidak mendapatkan update keamanan yang diperlukan untuk menjaga perangkat mereka tetap aman. Ini dapat meningkatkan risiko keamanan dan membuat perangkat rentan terhadap serangan dari pihak luar.

Dalam memutuskan untuk menghentikan update otomatis Play Store atau tidak, pengguna harus mempertimbangkan keuntungan dan kerugian dari masing-masing pilihan. Jika pengguna memutuskan untuk menghentikan update otomatis, pastikan untuk secara teratur memeriksa dan mengunduh pembaruan aplikasi Play Store secara manual untuk memastikan perangkat tetap aman dan up-to-date.

Kesimpulan:

Dalam artikel ini, telah dijelaskan dua cara untuk menghentikan update otomatis Play Store pada smartphone Android dan komputer. Cara pertama adalah dengan mengubah pengaturan di aplikasi Play Store, sedangkan cara kedua adalah dengan mengubah pengaturan di pengaturan sistem atau aplikasi desktop Play Store.

Meskipun menghentikan update otomatis dapat menghemat kuota internet dan menghindari perubahan yang tidak diinginkan pada aplikasi, tetapi juga memiliki kerugian seperti tidak mendapat update terbaru dan potensi kelemahan keamanan. Oleh karena itu, direkomendasikan untuk mengaktifkan update manual atau memilih update aplikasi saja yang perlu.

Penting untuk diingat bahwa menjaga keamanan perangkat dan aplikasi sangatlah penting. Oleh karena itu, pastikan untuk secara teratur memeriksa dan mengunduh pembaruan aplikasi Play Store secara manual untuk memastikan perangkat tetap aman dan up-to-date.

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.